Minggu, 08 Januari 2012

FAQ Susu UHT

Tebak berhadiah -kecup-, produsen susu UHT mana coba yang sy kirimin email, hehe
Beberapa bulan lalu sy mengirimkan email ke salah satu produsen susu UHT terbesar di negara kita ini. Yaa, nanya-nanya seputar penggunaan susu UHT. Berhubung tiap kali gaol sama ibu-ibu di internet pertanyaannya selalu diulang-ulang.

Berdasarkan daya ingat, beginilah rata-rata pertanyaan para ibu-ibu (beserta jawaban dari si ce-esnya pabrik UHT tersebut)
NB : Pertanyaan dan Jawaban sudah diedit seperlunya TANPA mengubah esensi dari pertanyaan/ jawaban asli itu sendiri.


T : Kelebihan sekaligus tujuan UHT apa?
J : Tujuan sterilisasi UHT ini adalah untuk membunuh semua mikroorganisme pembusuk (bakteri, jamur, spora dsb) tetapi kandungan nutrisi di dalam susu segarnya relatif masih dapat dipertahankan (karena pemanasan dilakukan dalam waktu yang sangat singkat).
Kemudian dikemas di dalam kemasan aseptik (bebas mikroorganisme).

T : Apa itu kemasan aseptik?

J : Kemasan yg terdiri dari 6 lapis dimana bahan-bahan penyusunnya antara lain plastik polyethilen, kertas dan aluminium foil yang dapat melindungi produk di dalam kemasan dari panas, sinar matahari, kelembaban, aroma luar dan mikroorganisme di udara.

T : Susu UHT tahan berapa lama?

J : Proses sterilisasi UHT dan pengemasan dengan kemasan aseptik membuat kesegaran susu dapat bertahan selama 10 bulan dengan catatan selama kemasan belum dibuka (segelnya masih tertutup) dan tidak ada kebocoran pada kemasan (sampai tanggal kadaluarsa berakhir)

T : Jika sudah dibuka tahan berapa lama?

J : Di suhu kamar kurang lebih 2-4 jam.

T : Kenapa begitu singkat ?

J : Jika kemasan sudah dibuka maka sudah terjadi kontaminasi dengan udara luar dan bakteri masuk ke dalam susu (susu UHT tidak dilindungi bahan pengawet). Daya tahan susu tersebut dapat saja berubah yang dipengaruhi berbagai faktor antara lain cara dan kondisi penyimpanan susu seperti suhu penyimpanan, bagaimana lingkungan penyimpanannya, dsb.
Perbedaan kemasan susu UHT dan Pasteurisasi

T : Bolehkah dibekukan di freezer?

J : Sebaiknya tidak. Karena proses pemanasan kembali selanjutnya dapat mengubah/mengurangi kandungan nutrisi alami susu segarnya

T : Jika didinginkan di kulkas bolehkah dihangatkan?

J : Susu UHT cukup aman jika ingin dipanaskan selama pemanasan dilakukan dalam suhu rendah dengan waktu yang sangat singkat, dikarenakan apabila dipanaskan hanya sebentar dengan api kecil kualitas susu masih cukup baik dimana kandungan gizi yang terdapat didalamnya tidak rusak (kerusakannya hanya sedikit). Pemanasan dapat dihentikan jika susu dirasakan sudah cukup hangat, tetapi apabila sampai mendidih otomatis akan banyak kandungan gizi didalam susu yang rusak, karena kandungan gizi yang terdapat dalam susu sangat rentan terhadap suhu panas.

T : Bisakah dihangatkan dengan microwave?

J : Bisa namun dalam waktu yang singkat

T : Kalau dihangatkan manual?

J : Bisa, caranya menuangkan susu ke dalam gelas/botol (sesuai dengan takaran yang diperlukan) kemudian direndam di dalam wadah berisi air panas/warmer sampai suhu susu hangat. Tidak ada ketentuan harus berapa lama cukup hangat saja

T : Apakah susu UHT juga difortifikasi gizinya?

J : Tidak

T : Susu uht yg sudah tidak layak minum ciri2nya apa?

J : Secara fisik/terlihat kemasan mengembung. Juga rasanya asam/basi/pahit/menggumpal

T : Pernah ada yang punya pengalaman ada endapan susu di dasar kemasan. Apakah tidak apa2?

J : Endapan bisa saja terjadi, olehkarena nya dikemasan ada petunjuk untuk mengocok dahulu sebelum diminum, namun jika endapan tsb tidak jadi menyatu atau jadi gumpalan sebaiknya tidak dikonsumsi.

T : Apakah susu uht yg lowfat juga direkomendasikan untuk anak kecil?

J : Mengingat sangat pentingnya tumbuh dan kembang balita sangat disarankan untuk mengkonsumsi variant susu UHT biasa (plain/fullcream), untuk konsumsi kalsium lebih bisa juga mengkonsumsi variant susu UHT mimi.

T : Bikin susu UHT PLAIN kemasan mini donk...Biar bisa sekali minum langsung buang, ga usah disimpan-simpan lagi

J : Mengenai kemasan plain 125ml semoga akan segera terealisasi, Informasi ini tentu menjadi masukan yang sangat berharga bagi kami untuk lebih meningkatkan terus sistem penanganan mutu produk kami dan kualitas pelayanan terhadap konsumen

Terimakasih atas reply dan jawaban dari cust care. Penjelasan sudah cukup jelas

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar